Wednesday, 3 February 2016

Tentang Iwan Fals Part II

Posted By: GembeL Ri - 00:15

Share

& Comment

Konser Iwan Fals Yang Selalu Dilarang


Iwan fals pemilik nama Virgiawan Listanto siapa yang tidak kenal beliau dengan karya-karya musiknya yang luar biasa, serta lirik lagunya yang menyentuh hati bahkan sindiran lagunya yang membuat para wakil rakyat gerah dibuatnya.

Pada saat orde baru Iwan fals memiliki banyak sekali jadwal manggung (konser) yang dilarang bahkan dibatalkan oleh pemerintah, mengapa? karena lirik lagu beliau dianggap memancing kerusuhan pada saat itu. Pada awal karir Iwan fals malah banyak membuat lagu bertema kritikan pada pemerintah bahkan pada salah satu lagu tersebut dikatagorikan terlalu cadas pada masanya, sampai-sampai perusahaan yang memayungi Iwan fals enggan untuk memasuki lagu-lagu tersebut untuk dijual bebas, iwan fals juga mengakuinya pada saat itu ia juga tidak tertarik untuk memasukan lagu-lagu tersebut kedalam album dan dijual bebas.

Lagu  yang tidak dipasarkan tersebut sempat juga disetel disebuah statiun radio yang sekarang sudah tidakmengudara lagi, walaupun perusahaan yang memayungi beliau enggan memasukan lagunya kedalam album, iwan fals malah pernah menyanyikan lagu tersebut pada saat konsernya berlangsung berujung dan iwan fals berulang kali harus berurusan dengan pihak keamanan, alasan si bapak keamanan sih lirik lagu yang dinyanyikan iwan fals dapat mengganggu kestabilitas negara (begitu alasannya).

Lalu pada saat pada beberapa konser musiknya pada tahun 80an malah sempat disabotase (aliran listrinya dipadamkan) tidak hanya sampai disitu, konser iwan fals pun pernah dibubarkan paksa dikarenakan iwan fals membawakan lagu yang mengandung sindiran untuk penguasa pada saat itu.

Baca juga : Iwan Fals Part III

Pada bulan april tahun 1984 Iwan fals harus berurusan dengan pihakkeamanan dan sempat ditahan serta diintrogasi selama dua minggu lamanya, dikarenakan membawakan lagu yang berjudul Demokrasi Nasi, Pola Hidup Sederhana  dan Mbak Tini, pada sebuah konser di Pekan baru, setelah kejadian itu iwan fals dan keluarga malah sering mandapatkan teror.



Bergabung Dengan Swami dan Kantata Takwa

Tentang Iwan Fals
Kantata Takwa


Saat bergabung dengan kelompok Swami lalu merilis album yang bertajuk Swami nama Iwan fals pun semakin melesat, meroket dan harum dengan terciptanya hits bento dan bongkar, dan yang paling fenomenal karir iwan fals pun terus meningkat ketika iwan fals ikut bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990, yang disport penuh oleh pengusaha besar yaitu S.djodi. Pada saat itu dan sampai sekarang konser Kantata dianggap sebagai konser musing terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik Indonesia.

Setelah kontrak dengan Swami berakhir yang menghasilkan dua album yaitu Swami vol. I dan Swami vol. II, disela Kantata yang menghasilkan "kantataTakwan dan Katata samsara" Iwan fals pun terus berjalan dan meluncurkan album-album solo serta bersama kelompok seperti album Dalbo yang dikerjakan bersama oleh salah satu manta personil Swami siapa lagi kalau bukan Sawung Jabo.

Sejak meluncurnya album suara hati pada 2002, iwan fals sudah memiliki kelompok musisi pengiring yang tetap dan selalu ikut serta dalam setiap pengerjaan album maupun konser.


Demikianlah artikel Tentang Iwan Fals Part II, terus berkarya dan salam Oi.

About GembeL Ri

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Semua Tentang Musik Iwan Fals, iwan fals, lagu iwan fals, iwan fals, musik iwan fals

Designed by Templatezy